Sabtu, 17 Maret 2012

SILABUS DAN SAP FILSAFAT PENDIDIKAN


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN












FILSAFAT PENDIDIKAN
DKP 222


DOSEN PENGASUH  : EDWAR FAJRI, M.Pd.I
SEMESTER  : II (GENAP)




PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATURAJA
2012









SILABUS

Mata Kuliah           : FILSAFAT PENDIDIKAN
Kode                      : UBR 
Fakultas                 : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi        : Pendidikan Bahasa Inggris
Semester                : IV/2011-2012
Bobot                     : 2 sks
Dosen                     : EDWAR FAJRI, M.Pd.I

Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis

Standar Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.

Topik
1.      Pembukaan perkuliahan serta pengantar/ penyampaian silabus
2.      Pendidikan: pengertian, komponen, landasan kependidikan, dan pendekatan dalam studi pendidikan
3.      Pengantar Filsafat: Pengertian, ciri-ciri filsafat, misi filsafat, lapangan filsafat, dan urgensi filsafat
4.      Sejarah dan Perkembangan Filsafat: Barat dan Timur
5.      Filsafat, Sains, dan Agama/Pandangan Hidup
6.      Filsafat Pendidikan: pengertian, penerapan dan hubungan filsafat dengan pendidikan, ruang lingkup, dan urgensi filsafat pendidikan
7.      Hubungan antara Filsafat,  manusia, dan pendidikan: Upaya pengembangan sumber daya manusia
8.      Hubungan Filsafat Pendidikan dengan Program FKIP: Urgensi mempelajari Filsafat Pendidikan bagi calon guru
9.      UJIAN TENGAH SEMESTER
10.   Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
11.  Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
12.  Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
13.  Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
14.  Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan : Pemikiran Pendidikan di Indonesia
15.  Filsafat Pendidikan Pancasila: Analisis Praktek Pendidikan di Indonesia dalam persfektif filsafat pendidikan
16.  Review and conclution
Penilaian
a.       Kehadiran
b.      Tugas dan quiz
a.       Kriteria evaluasi tugas dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
b.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan revisi
c.       Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar atas sumber yang ditelusuri
d.      Quiz, selain sebagai salah satu alat evaluasi juga dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar yang dilaksanakan
c.       Aktivitas pembelajaran, berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
d.      Ujian Tengah semester
e.       Ujian akhir semester

Referensi
ü  Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009. 
ü  Sasyidin H.W. et al,  Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
ü  Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü  Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü  Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
ü  Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
ü  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
ü  Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
ü  Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü  Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
ü  Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
ü  Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
ü  Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü  Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
ü  Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü  Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.




























SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah           : FILSAFAT PENDIDIKAN
Kode                      : UBR 
Fakultas                 : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi        : Pendidikan Bahasa Inggris
Semester                : IV/2011-2012
Bobot                     : 2 sks
Dosen                     : EDWAR FAJRI, M.Pd.I

Tujuan
Dapat mengaplikasikan kerangka berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer dalam dunia pendidikan. Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan dengan menggunakan Teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan secara teoritis dan praktis. Mampu mengetahui dan mengamalkan Filsafat Pendidikan dalam kontek kegiatan kependidikan.

Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Standar Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.

Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu :
1.      Memahami Pendidikan: pengertian, komponen, landasan kependidikan, dan pendekatan dalam studi pendidikan
2.      Memahami Filsafat: Pengertian, ciri-ciri filsafat, misi filsafat, lapangan filsafat, dan urgensi filsafat
3.      Memahami Sejarah dan Perkembangan Filsafat: Barat dan Timur
4.      Memahami Filsafat, Sains, dan Agama/Pandangan Hidup
5.      Memahami Filsafat Pendidikan: pengertian, penerapan dan hubungan filsafat dengan pendidikan, ruang lingkup, dan urgensi filsafat pendidikan
6.      Memahami Hubungan antara Filsafat,  manusia, dan pendidikan: Upaya pengembangan sumber daya manusia
7.      Memahami Hubungan Filsafat Pendidikan dengan Program FKIP: Urgensi mempelajari Filsafat Pendidikan bagi calon guru
8.      Memahami Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
9.      Memahami Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
10.  Memahami Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
11.  Memahami Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
12.  Memahami Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan : Pemikiran Pendidikan di Indonesia
13.  Memahami Filsafat Pendidikan Pancasila: Analisis Praktek Pendidikan di Indonesia dalam persfektif filsafat pendidikan
Strategi Pengajaran
Perkuliahan akan dilangsungkan sebanyak 16 (enam belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan pertama berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah dilaksanakan; serta tiga belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa metode ceramah, cooperative learning, tanya jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Referensi
ü  Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009. 
ü  Sasyidin H.W. et al,  Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
ü  Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü  Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü  Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
ü  Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
ü  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
ü  Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
ü  Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü  Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
ü  Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
ü  Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
ü  Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü  Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
ü  Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü  Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Kriteria Penilaian
Remark                  Score                           Range
A                            4                                  80-100
B                            3                                  70-79
C                            2                                  60-69
D                            1                                  50-59
E                            0                                  <49

Bobot Penilaian


a.       Kehadiran                              : 10 %
b.      Quiz dan Tugas                      : 25 %
c.       Aktivitas Pembelajaran          : 15 %
d.      UTS                                       : 20%
e.       UAS                                       : 30 %



Keterangan:
a.       Kehadiran: 10 % dari 16 kali kehadiran
b.      Tugas dan quiz
a.       Kriteria evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
b.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan revisi
c.       Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar atas sumber yang ditelusuri
d.      Quiz, selain sebagai salah satu alat evaluasi juga dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar yang dilaksanakan
c.       Aktivitas pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
d.      Ujian Tengah semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari semester satu perkuliahan
e.       Ujian akhir semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh

Rencana Perkuliahan
Pertemuan ke-
Topik
Keterangan
1
Pembukaan perkuliahan serta pengantar/ penyampaian silabus
Penjelasan dosen & tanya jawab
2
Pendidikan: pengertian, komponen, landasan kependidikan, dan pendekatan dalam studi pendidikan
Penjelasan dosen & tanya jawab
3
Pengantar Filsafat: Pengertian, ciri-ciri filsafat, misi filsafat, lapangan filsafat, dan urgensi filsafat
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
4
Sejarah dan Perkembangan Filsafat: Barat dan Timur
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
5
Filsafat, Sains, dan Agama: Pengertian dan karakteristik sains, hubungan filsafat dengan sains, Pengertian dan karakteristik agama, hubungan filsafat dengan agama.
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
6
Filsafat Pendidikan: pengertian, penerapan dan hubungan filsafat dengan pendidikan, ruang lingkup, dan urgensi filsafat pendidikan
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
7
Hubungan antara Filsafat,  manusia, dan pendidikan: Upaya pengembangan sumber daya manusia
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
8
Hubungan Filsafat Pendidikan dengan Program FKIP: Urgensi mempelajari Filsafat Pendidikan bagi calon guru
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
9
UJIAN TENGAH SEMESTER
10
Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
11
Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
12
Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
13
Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
14
Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan : Pemikiran Pendidikan di Indonesia
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
15
Filsafat Pendidikan Pancasila: Pengantar, Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa, Pancasila sebagai filsafat pendidikan nasional, hubungan pancasila dengan sistem pendidikan. Analisis Praktek Pendidikan di Indonesia dalam persfektif Filsafat Pendidikan Pancasila
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
16
Review and conclution
Penjelasan dosen & tanya jawab
17
UJIAN AKHIR SEMESTER


Dosen


EDWAR FAJRI, M.Pd.I

4 komentar:

  1. Alhamdulillah, mas ijin ngopi yaa, makasiih. Saya Siska Sulistyorini dari Fakultas Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta. kita bisa kolaborasi penelitian dan pengabdian. ichahidayat86@gmail.com

    BalasHapus
  2. Baik mbak terima kasih kembali, Alhamdulillah jika bisa bermanfaat. Ya insya Allah kt bs kolaborasi

    BalasHapus
  3. Mohon Izin mengcopy pak Edwar. terimakasih.

    BalasHapus

Entri Populer

Pengikut