SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN
FILSAFAT
PENDIDIKAN
DKP 222
DOSEN
PENGASUH : EDWAR FAJRI, M.Pd.I
SEMESTER : II (GENAP)
PROGRAM
STUDI BAHASA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
BATURAJA
2012
SILABUS
Mata Kuliah : FILSAFAT
PENDIDIKAN
Kode : UBR
Fakultas : Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Program Studi : Pendidikan
Bahasa Inggris
Semester : IV/2011-2012
Bobot : 2 sks
Dosen : EDWAR FAJRI, M.Pd.I
Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut
dengan Filsafat Pendidikan. Oleh
karena itu, calon pendidik, melalui
Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan
memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi
hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta
praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah
ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki
pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Standar Kompetensi
Mampu
memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat
dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis
hakikat pendidikan
dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan
kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan
kemanusiaan global.
Topik
1.
Pembukaan perkuliahan serta pengantar/ penyampaian
silabus
2.
Pendidikan: pengertian, komponen, landasan
kependidikan, dan pendekatan dalam studi pendidikan
3.
Pengantar Filsafat: Pengertian, ciri-ciri filsafat,
misi filsafat, lapangan filsafat, dan urgensi filsafat
4.
Sejarah
dan Perkembangan Filsafat: Barat dan Timur
5.
Filsafat, Sains, dan Agama/Pandangan Hidup
6.
Filsafat
Pendidikan: pengertian, penerapan dan hubungan filsafat dengan pendidikan,
ruang lingkup, dan urgensi filsafat pendidikan
7.
Hubungan antara Filsafat, manusia, dan pendidikan: Upaya pengembangan
sumber daya manusia
8.
Hubungan
Filsafat Pendidikan dengan Program FKIP: Urgensi mempelajari Filsafat
Pendidikan bagi calon guru
9.
UJIAN
TENGAH SEMESTER
10.
Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
11. Aliran dan Pemikiran
Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
12. Aliran dan
Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Eksistensialisme,
Pragmatisme, dan Progresivisme
13. Aliran
dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Perenialisme,
Esensialisme, dan Rekonstruktivime
14. Aliran
dan Pemikiran Filsafat Pendidikan : Pemikiran Pendidikan di Indonesia
15. Filsafat Pendidikan Pancasila: Analisis Praktek
Pendidikan di Indonesia dalam persfektif filsafat pendidikan
16. Review and
conclution
Penilaian
a. Kehadiran
b. Tugas dan quiz
a. Kriteria evaluasi tugas dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik
penyampaian
b. Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan
kemempuan revisi
c. Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar atas sumber yang ditelusuri
d. Quiz, selain sebagai salah satu alat evaluasi juga dilakukan secara berkala
untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar yang dilaksanakan
c. Aktivitas pembelajaran, berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya,
menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
d. Ujian Tengah semester
e. Ujian akhir semester
Referensi
ü
Uyoh
Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
ü
Sasyidin
H.W. et al, Filsafat Pendidikan,
Bandung: UPI Press, 2008.
ü
Surajiyo,
Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar,
Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü Undang-undang
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
ü Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,
1991.
ü Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 1991.
ü Hasbullah, Dasar-Dasar
Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
ü Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü Jalaluddin, Teologi
Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
ü Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2002.
ü Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta:
Ar-Ruz Media, 2007.
ü Hasan Langgulung, Manusia
dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos,
1997.
ü Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü Made Pidarta, Landasan
Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka
Cipta, 1997.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah : FILSAFAT
PENDIDIKAN
Kode : UBR
Fakultas : Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Program Studi : Pendidikan
Bahasa Inggris
Semester : IV/2011-2012
Bobot : 2 sks
Dosen : EDWAR FAJRI, M.Pd.I
Tujuan
Dapat
mengaplikasikan kerangka berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer
dalam dunia pendidikan. Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam
membantu menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul
dalam dunia pendidikan dengan menggunakan Teori-teori Pemikiran Filsafat
Pendidikan secara teoritis dan praktis. Mampu mengetahui dan mengamalkan
Filsafat Pendidikan dalam kontek kegiatan kependidikan.
Deskripsi
Filsafat yang
memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat
Pendidikan. Oleh karena itu,
calon pendidik, melalui
Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan
memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi
hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta
praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah
ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki
pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Standar Kompetensi
Mampu
memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat
dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis
hakikat pendidikan
dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan
kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan
kemanusiaan global.
Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Memahami Pendidikan: pengertian, komponen, landasan
kependidikan, dan pendekatan dalam studi pendidikan
2.
Memahami Filsafat: Pengertian, ciri-ciri filsafat,
misi filsafat, lapangan filsafat, dan urgensi filsafat
3.
Memahami
Sejarah dan Perkembangan Filsafat: Barat dan Timur
4.
Memahami Filsafat, Sains, dan Agama/Pandangan Hidup
5.
Memahami
Filsafat Pendidikan: pengertian, penerapan dan hubungan filsafat dengan
pendidikan, ruang lingkup, dan urgensi filsafat pendidikan
6.
Memahami Hubungan antara Filsafat, manusia, dan pendidikan: Upaya pengembangan
sumber daya manusia
7.
Memahami
Hubungan Filsafat Pendidikan dengan Program FKIP: Urgensi mempelajari Filsafat
Pendidikan bagi calon guru
8.
Memahami
Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
9. Memahami Aliran
dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme
dan Realisme
10. Memahami Aliran
dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Eksistensialisme,
Pragmatisme, dan Progresivisme
11. Memahami
Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Perenialisme,
Esensialisme, dan Rekonstruktivime
12. Memahami
Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan : Pemikiran Pendidikan di Indonesia
13. Memahami Filsafat Pendidikan Pancasila: Analisis
Praktek Pendidikan di Indonesia dalam persfektif filsafat pendidikan
Strategi Pengajaran
Perkuliahan akan
dilangsungkan sebanyak 16 (enam belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan
pertama berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu
pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah
dilaksanakan; serta tiga belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran rincian-rincian
materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa metode ceramah,
cooperative learning, tanya jawab,
dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Referensi
ü
Uyoh
Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
ü
Sasyidin
H.W. et al, Filsafat Pendidikan,
Bandung: UPI Press, 2008.
ü
Surajiyo,
Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar,
Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü Undang-undang
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
ü Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,
1991.
ü Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 1991.
ü Hasbullah, Dasar-Dasar
Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
ü Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü Jalaluddin, Teologi
Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
ü Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2002.
ü Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta:
Ar-Ruz Media, 2007.
ü Hasan Langgulung, Manusia
dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos,
1997.
ü Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü Made Pidarta, Landasan
Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka
Cipta, 1997.
Kriteria Penilaian
Remark Score Range
A 4 80-100
B 3 70-79
C 2 60-69
D 1 50-59
E 0 <49
Bobot Penilaian
a. Kehadiran : 10 %
b. Quiz dan Tugas :
25 %
c. Aktivitas Pembelajaran : 15 %
d. UTS : 20%
e. UAS : 30 %
Keterangan:
a. Kehadiran: 10 % dari 16 kali kehadiran
b. Tugas dan quiz
a. Kriteria evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan
teknik penyampaian
b. Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan
kemempuan revisi
c. Penelusuran sumber, kesimpulan, dan komentar atas sumber yang ditelusuri
d. Quiz, selain sebagai salah satu alat evaluasi juga dilakukan secara berkala
untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar yang dilaksanakan
c. Aktivitas pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya,
menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
d. Ujian Tengah semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani
setengah semester dari semester satu perkuliahan
e. Ujian akhir semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu
aspek penilaian terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester
penuh
Rencana Perkuliahan
Pertemuan ke-
|
Topik
|
Keterangan
|
1
|
Pembukaan perkuliahan serta pengantar/ penyampaian silabus
|
Penjelasan
dosen & tanya jawab
|
2
|
Pendidikan: pengertian, komponen, landasan kependidikan, dan pendekatan
dalam studi pendidikan
|
Penjelasan
dosen & tanya jawab
|
3
|
Pengantar Filsafat: Pengertian, ciri-ciri filsafat, misi filsafat,
lapangan filsafat, dan urgensi filsafat
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
4
|
Sejarah dan
Perkembangan Filsafat: Barat dan Timur
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
5
|
Filsafat, Sains, dan Agama: Pengertian dan karakteristik sains,
hubungan filsafat dengan sains, Pengertian dan karakteristik agama, hubungan
filsafat dengan agama.
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
6
|
Filsafat
Pendidikan: pengertian, penerapan dan hubungan filsafat dengan pendidikan,
ruang lingkup, dan urgensi filsafat pendidikan
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
7
|
Hubungan antara Filsafat, manusia,
dan pendidikan: Upaya pengembangan sumber daya manusia
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
8
|
Hubungan
Filsafat Pendidikan dengan Program FKIP: Urgensi mempelajari Filsafat
Pendidikan bagi calon guru
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
9
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|
10
|
Analisis
Filosifis Komponen Pendidikan
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
11
|
Aliran dan
Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme
dan Realisme
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
12
|
Aliran dan
Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Eksistensialisme,
Pragmatisme, dan Progresivisme
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
13
|
Aliran dan
Pemikiran Filsafat Pendidikan: Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme,
dan Rekonstruktivime
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
14
|
Aliran dan
Pemikiran Filsafat Pendidikan : Pemikiran Pendidikan di
Indonesia
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
15
|
Filsafat Pendidikan Pancasila: Pengantar, Pancasila sebagai filsafat
hidup bangsa, Pancasila sebagai filsafat pendidikan nasional, hubungan
pancasila dengan sistem pendidikan. Analisis Praktek Pendidikan di Indonesia
dalam persfektif Filsafat Pendidikan Pancasila
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
16
|
Review and conclution
|
Penjelasan
dosen & tanya jawab
|
17
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
Dosen
EDWAR FAJRI, M.Pd.I
Alhamdulillah, mas ijin ngopi yaa, makasiih. Saya Siska Sulistyorini dari Fakultas Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta. kita bisa kolaborasi penelitian dan pengabdian. ichahidayat86@gmail.com
BalasHapusmakasih
BalasHapusBaik mbak terima kasih kembali, Alhamdulillah jika bisa bermanfaat. Ya insya Allah kt bs kolaborasi
BalasHapusMohon Izin mengcopy pak Edwar. terimakasih.
BalasHapus